Tuesday, October 26, 2010

INDONESIA MENANGIS

Seperti kita ketahui bahwa hujan terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya dengan sangat deras. Hujan yang sangat awet terus turun hingga muncul genangan air di mana-mana. Genangan yang tidak hanya sekedar genangan saja. Genangan yang tingginya hingga mencapai pinggang orang dewasa dapat kita lihat di beberapa titik rawan.

Tidak hanya banjir yang muncul akhir-akhir ini di mata kita, tapi lagi-lagi bencana alam menjadi sahabat sang negara tercinta. Gempa bumi, tsunami, dan gunung merapi yang meletus adalah lanjutan dari masalah di Indonesia saat ini. Di saat air belum surut di Jakarta dan sekitarnya, muncul gempa bumi dan tsunami di daerah Sumatra Barat. 

Dalam waktu seketika, semua masyarakat begitu panik dan takut terhadap musibah yang dianggapnya sebagai teguran bagi manusia dari Sang Pencipta. Semua orang berlomba-lomba menjadi sosok manusia yang suci yang selalu memohon berkat dan keselamatan. Di sisi lain, manusia-manusia itu pun mengeluarkan celoteh-celoteh terhadap pemerintah  mengenai musibah-musibah yang muncul dalam waktu bersamaan. 

Menurut Natalia, mahasiswi swasta yang berada di Jakarta, seharusnya sekarang semua individu mengintropeksi diri mereka masing-masing. Tidak saling menyalahkan. Seharusnya kita semua sebagai masyarakat Jakarta ikut membantu pemerintah daerah setempat dalam mencegah banjir. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua masyarakat Jakarta masih sering membuang sampah sembarangan sehingga sampah menumpuk di selokan, kali, sungai, atau di tempat-tempat yang bukan tempat sampah. 

Sama halnya dengan Natalia, Urip pun mengurai pendapat yang sama. "Serem sih .. Udah banjir, tsunami, gempa. Kalau Jakarta kena waduh saya tidak tau deh.. Mungkin sekarang kalau saya sih banyak doa dan sholat aja," ungkap bapak yang biasa bekerja sebagai tukang bajaj ini. 

Setiap orang boleh berpendapat apa pun mengenai cobaan yang dialami oleh negri tercinta kita. Di lihat dari segi manapun, kita tetap harus berdoa dan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi semuanya. Keegoisan bukanlah hal yang berguna bagi kita semua sekarang. Saling membantu dan mendoakan satu sama lain dapat lebih bermanfaat dibanding kita saling menyalahkan pemerintah atau siapa pun. Intropeksi diri masing-masing dan mempersiapkan diri adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan sekarang.




LORENSYA 
915080021

No comments:

Post a Comment