Tuesday, October 26, 2010

BANJIR DI GREEN VILLE

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Ibukota Jakarta dan sekitarnya dari sore kemarin hingga hari ini telah menyebabkan banjir yang menggenangi sejumlah ruas jalan. Tidak terkecuali daerah perumahan Green Ville di Jakarta Barat. Memang hampir setiap kali hujan turun, daerah Green Ville mendapat “hadiah” banjir. Walaupun hujannya tidak begitu lama, banjir sudah dapat dipastikan akan datang.

Hujan yang terjadi sekitar pukul 15.00 sampai pukul 18.00 ini telah menyebabkan banjir yang cukup tinggi dengan ketinggian hampir mencapai paha orang dewasa. Seluruh perumahan Green Ville tergenang banjir, begitu pula daerah sekitarnya seperti Taman Ratu, Green Garden, Kepa Duri dan Tobar.

Akibat banjir tersebut kondisi jalan di Green Ville kacau balau. Terjadi kemacetan yang cukup parah yang menyebabkan kendaraan tidak dapat bergerak. Banyak pula mobil dan motor mogok yang menambah kepadatan jalan. Sudah banyak sukarelawan yang membantu mengarahkan jalan, namun kemacetan tidak dapat dihindari.

Menurut Regina, warga yang tinggal di Green Ville, banjir yang kerap kali terjadi disebabkan karena wilayah Green Ville yang lebih rendah dibandingkan wilayah sekitarnya. Selain itu kali yang intensitas airnya tinggi dan kurangnya daerah resapan juga merupakan penyebab lain kenapa banjir terus-terusan terjadi di Green Ville.

Regina berharap ke depannya pemerintah daerah lebih memperhatikan dan terus meningkatkan penanggulangan banjir di Green Ville. “Pemerintah daerah harus lebih menggalakkan usaha penanggulangan banjir dan mencari solusi yang tepat agar banjir tidak terjadi lagi disini” ungkap Regina.

Adapun upaya yang telah dilakukan untuk menanggulangi banjir di Green Ville diantaranya peninggian jalan, peninggian bantaran kali, penggusuran rumah di pinggir kali, mengambil sampah-sampah yang ada di kali dan penanaman tumbuhan hijau di sepanjang jalan.


Disusun Oleh :
Kristiana (915080089)

No comments:

Post a Comment