Tuesday, November 23, 2010

Status Gunung Bromo: Awas!

Himbauan dilontarkan karena Bromo mengeluarkan gas belerang yang mengandung racun. Sementara pukul 16.30 WIB sore tadi, status gunung tersebut menjadi "Awas!".


Meski status Bromo telah menyamai Merapi, pihaknya belum memerintahkan masyarakat sekitar lereng Bromo untuk mengungsi ke tempat lebih aman.

Untuk Gunung Bromo, Pemprov Jatim juga telah menetapkan zona berbahaya di radius 1 Km dari puncak kawah. "Bromo itu bahayanya karena keluar gas belerang yang sangat menyengat dan membahayakan," kata Gubernur Jatim Soekarwo beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim Siswanto menambahkan, untuk dana bencana, Jatim telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp 50 miliar dan dana tambahan Rp 2,5 miliar.

Pihaknya telah menggeser posko dan relawan taruna siaga bencana Jatim di Merapi ke Bromo. Siswanto saat ini dalam perjalanan menuju ke Bromo setelah diperintah Gubernur Jatim Soekarwo. Dinas ESDM Jatim jauh-jauh hari telah memberikan imbauan kepada Pemkab Probolinggo, masyarakat sekitar dan wisatawan agar tidak melakukan pendakian atau mendekati kawah Bromo dalam radius 3 km dari pusat kawah.



Sampai sekarang, masalah gunung merapi ini terus bergulir di media. Belum ada kelanjutan bagaimana pemerintah mengatasi masalah dan derita negeri ini.








LORENSYA
915080021
Sumber : inilah.com

No comments:

Post a Comment