Wednesday, November 10, 2010

Anak Menteng Pulang Kampung

sumber:Kompas.com


Kedatangan Obama ke Jakarta pada hari Selasa 9 November 2010, disambut hangat masyarakat Indonesia. Kedatangannya ini mula-mula di sambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Obama yang di damping oleh Presiden SBY, menggelar konferensi Pers yang diantaranya menyangkut topic tentang demokrasi, masalah ekonomi global, dan umat Muslim.
Setelah selesai dengan konferensi persnya, Obama beserta istri, Michele Obama kembali ke Hotel untuk beristirahat sejenak sebelum datang kembali ke Istana Negara untuk mengahdiri jamuan makan malam. Jamuan makan malam yang di gelar selasa, 9 November 2010 malam itu, di hadiri oleh tokoh-tokoh pemerintahan dan salah satunya adalah mantan presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Sebelum jamuan makan malam itu berlangsung, Obama sempat menyalami tamu-tamu undangan yang hadir dan salah satunya adalah Megawati. Setelah selesai dengan jamuan makan malam, Obama kembali mengucapkan beberapa kata untuk menyampaikan rasa simpatinya atas bencana yang sedang terjadi di Indonesia, diantaranya Tsunami di Mentawai dan Gunung Merapi. Selain itu Obama juga sempat mengatakan 
tentang makanannya yang ia katakana enak.

Keesokan harinya, Obama ditemani Istri, Michele Obama,mengunjungi Masjid Istiqlal. Sebelum akhirnya bertolak ke Universitas Indonesia untuk Kuliah Umum di kampus tersebut. Kuliah umum Obama itu dihadiri pula oleh mantan presiden RI, Habibie.

Dalam kuliah umumnya, Obama sempat mengulang kisah masa kecilnya, selama tinggal di Indonesia selama 4 tahun. Ia juga menyebut-nyebut akan Bhinekka Tunggal Ika dan pancasila yang merupakan dasar dari Negara Indonesia. Selain itu Obama juga menyayangkan kunjungannya yang hanya singkat sekali di Indonesia karena harus bertolak ke Seoul, Korea Selatan.

Akhirnya, kunjungan Obama ke Indonesia pun berakhir setelah kuliah umumnya di UI. Dan rencana akan kunjungannya ke Taman Makan Pahlawanpun di batalkan. Alasan pembatalan tersebut, dijelaskan karena pantauan akan abu vulkanik dari Gunung Merapi, maka pihak keamanan Obama mempercepat kunjungannya.

Ellen Aprilianti
915080053 

No comments:

Post a Comment