Tuesday, November 2, 2010

Begitu Indah, Begitu Berbahaya

Pegunungan yang dimiliki Indonesia sangatlah banyak. ratusan gunung dalam satu garus dari sumatra hingga jawa, lalu tersebar teratur di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
Namun dibalik keindahan dan kekayaan alam tersebut, tersembunyi momok bencana alam mengerikan, yang baru saja kita alami dengan Gunung Merapi. letusan dashyat yang merenggut ratusan jiwa juga mecelakakan banyak orang.

akibat dari letusan tersebut dan keadaan geologis indonesia, sebanyak 22 gunung lainnya mulai terlihat aktif.
dua gunung api yang berlokasi di bagian timur Indonesia saat ini dalam status Siaga, yaitu Gunung Karangetang dan Gunung Ibu. Sementara itu, 19 gunung api yang lain berstatus Waspada



Selama tahun 2010 jumlah gunung dalam status Waspada terbilang meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. ”Memang sejak tahun ini jumlah gunung yang berstatus Waspada mencapai lebih dari 15. Biasanya jarang mencapai angka ini,” tutur Kepala Subbidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Agus Budianto saat dihubungi melalui telepon dari Jakarta

Menurut Kepala PVMBG Surono, melihat jumlah gunung api yang aktif saat ini, merupakan hal biasa sejak bertahun-tahun. ”Kondisi ini tak perlu dikhawatirkan karena Indonesia mempunyai 129 gunung aktif,” ujarnya.

Menurut Nita, seorang Ibu rumah tangga yang berdomisili di kawasan sekitar pegunungan Merapi, gunung meletus, apalagi merapi, itu sudah wajar. Sebab merapi adalah gunung teraktif di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Namun yang ia sayangkan adalah respon pemerintah yang selalu tidak siap menghadapi bencana semacam ini. “Pemerintah seharusnya cepat tanggap menghadapi situasi semacam ini, mengingat bencana seperti ini bukannya tidak sering terjadi.” Imbuhnya.


Oleh:
Ellen Budianto
915080058

Sumber:
Harian Kompas
3 November 2010

Image copyright:

No comments:

Post a Comment